Label

Nenek Tua yang Mendapat Pelajaran Berharga




Nabi Muhammad Saw merupakan seorang yang sangat baik hati dan tidak pernah marah kepada siapapun meskipun orang-orang berlaku buruk terhadapnya.

Pada suatu waktu, terdapat seorang wanita tua yang sangat buruk perangainya. Ia selalu melemparkan sampah ke arah Nabi Muhammad Saw bilamana Nabi Saw lewat di hadapan rumahnya.

Nabi Saw biasa lewat di hadapan rumah nenek tua tersebut setiap pagi bilamana beliau bertolak menuju ke masjid –dan setiap pagi wanita yang buruk perangainya ini biasa melemparkan sampah ke arah Nabi Saw, akan tetapi Nabi Saw tidak pernah marah kepadanya.

Tapi suatu hari, keadaan berubah. Kali ini ketika Nabi Saw melewati rumah wanita tua tersebut, tidak ada lemparan sampah yang ditujukan kepada sang Nabi Saw. Nabi Saw merasa heran atas perubahan ini.

Dia berhenti dan bertanya perihal wanita tersebut kepada tetangganya apakah dia baik-baik saja karena dia tidak hadir untuk melemparkan sampah kepada Nabi Saw.

Tetangga wanita tersebut berkata bahwa wanita tua tersebut jatuh sakit dan terbaring di pembaringan.

Tatkala wanita tua tersebut melihat Nabi Muhamamad Saw, dia berpikir bahwa Nabi datang untuk menuntut balas atas perbuatannya.

Ia berkata “Mengapa Anda tidak menantikan aku hingga sembuh dan kuat?”

Nabi Muhamamad Saw berkata kepada wanita tua tersebut bahwa dia datang tidak untuk menuntut balas, tetapi untuk melihat keadaan wanita tua tersebut sekiranya ia memerlukan pertolongan karena ia sakit. Beliau berkata bahwa Allah memerintahkan kepada kita manusia untuk merawat orang-orang sakit.

Wanita tua tersebut sangat terkejut mendapatkan Nabi Muhamamd Saw demikian baik terhadapnya setelah dia memperlakukan Nabi Saw secara buruk. Saat itulah ia memutuskan untuk mendengarkan Nabi Saw dan menjadi seorang muslim.

Sumber: Majlisi, Biharul Anwar, Bagian Kehidupan Nabi Muhammad Saw.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar