Label

Ar Riyadh An Nadrah


Allamah Muhibbuddin Thabari meriwayatkan melalui sanad dari Ibn Umar, yang berkata: “Sesungguhnya orang-orang Yahudi mendatangi Abu Bakar, lalu mereka berkata, “Sifatilah sahabatmu (Muhammad Rasulullah) untuk kami”. Abu Bakar menjawab, “Aku telah bersamanya di dalam gua seperti posisi kedua jariku ini. Aku juga telah mendaki gunung Hira dengan kelingkingku menempel di kelingking beliau. Namun, berbicara tentangnya sungguh sulit bagiku. Datangilah Ali Ibn Abi Thalib”.  

Mereka pun (kaum Yahudi) mendatangi Ali Ibn Abi Thalib seraya berkata, “Wahai Abal Hasan, sifatilah putra pamanmu (Muhammad Rasulullah) untuk kami.” Ali Ibn Abi Thalib berkata, “Rasulullah Saw tidak terlalu tinggi, tidak pula terlalu pendek. Beliau berkumis kemerah-merahan. Rambutnya bergelombang tidak keriting, memanjang hingga ke pundak. Beliau berdahi lebar. Bermata tajam. Berdada bidang. Bergigi cemerlang dan rapih. Berhidung mancung. Lehernya seperti teko perak. Dadanya berambut hingga ke pusar, mirip batang kesturi hitam, di tubuhnya dan di dadanya tidak terdapat rambut selainnya. Jika menoleh, beliau melakukannya dengan seluruh badan.

Beliau berdiri bila dihampiri oleh banyak orang. Jika duduk, beliau lebih tinggi dari orang-orang. Jika berbicara, membuat orang-orang diam. Jika berkhutbah, membuat orang-orang menangis. Beliau paling sayang kepada sesama manusia. Bagi anak yatim, beliau sebagai ayah yang pengasih. Bagi janda, beliau sebagai pelindung yang paling mulia. Beliau adalah orang yang paling pemberani. Suka menolong.

Wajahnya selalu berseri-seri. Pakaiannya aba. Makanannya roti dan gandum. Lauknya susu. Bantalnya terbuat dari kulit yang berisikan dedaunan pohon kurma. Beliau memiliki dua Imamah (tutup kepala), salah-satunya disebut dengan as Shahhab dan lainnya dengan al Iqab. Pedangnya disebut Dzulfiqar. Panjinya al Gharra. Untanya al Udhuba. Baghalnya (peranakan kuda dengan keledai) Duldul. Keledainya Ya’fur. Kudanya Murtajiz. Dombanya Barakah. Gagang pedangnya Mamsyuq. Benderanya al Hamd. Beliau memelihara untanya sendiri. Beliau sendiri yang menambal baju dan sandalnya.

Sumber: ar Riyadh an Nadhrah 3:162-163 dan Dzakhair al Uqba: 80 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar