Label

Setiap Perbuatan, Meski Anda Pikir Kecil, Memiliki Dampak yang Tak Terduga



TENTANG EFEK KUPU-KUPU LORENZ dalam Kehidupan Sehari-hari (Gambar: Sejumlah Lukisan karya Seniman Realis Iran, Iman Maleki)

Di suatu hari, seorang wanita muda memberi secangkir susu hangat kepada seorang anak yang terlantar di jalanan. Dengan penuh rasa terima kasih, anak itu meneguk susu hangat tersebut dengan nikmat. Setelah minumannya habis, kemudian anak itu bertanya, “berapa saya harus membayar untuk segelas besar susu ini?”. Wanita itu menjawab, “kamu tidak perlu membayar apapun. Ibu kami mengajarkan untuk tidak menerima bayaran untuk kebaikan,” kata wanita itu menambahkan.

Anak lelaki itu kemudian menghabiskan susunya dan berkata, “dari dalam hatiku, aku berterima kasih pada Anda.”

Belasan tahun kemudian, wanita itu terserang penyakit parah. Dokter di kota tempat tinggalnya sudah tidak mampu lagi mengobati. Mereka akhirnya mengirim wanita tersebut ke kota besar, dimana terdapat dokter spesialis yang mampu menangani penyakit langka tersebut.

Tersebutlah namanya DR Howard Kelly. Dokter tersebut dipanggil untuk melakukan pemeriksaan. Pada saat ia mendengar nama kota asal si wanita tersebut, terbesit seberkas pancaran aneh pada mata Dr. Kelly. Segera ia bangkit dan bergegas turun melalui hall rumah sakit menuju kamar si wanita tersebut.

Dengan berpakaian jubah kedokteran, ia menemui wanita tersebut. Ia langsung mengenali wanita itu pada sekali pandang. Ia kemudian kembali ke ruang konsultasi dan memutuskan melakukan upaya terbaik untuk menyelamatkan nyawa wanita itu.

Mulai hari itu, ia selalu memberikan perhatian khusus pada wanita itu. Setelah melalui perjuangan yang panjang, akhirnya diperoleh kemenangan. Wanita itu sembuh. Dr. Kelly meminta bagian keuangan rumah sakit untuk mengirimkan seluruh tagihan biaya pengobatan kepadanya untuk persetujuan. Dr. Kelly melihatnya dan menuliskan sesuatu pada pojok atas lembar tagihan dan kemudian mengirimkannya ke kamar pasien.

Wanita itu takut untuk membuka tagihan tersebut, ia sangat yakin bahwa ia tak akan mampu membayar tagihan tersebut walaupun harus dicicil seumur hidupnya. Akhirnya ia memberanikan diri untuk membaca tagihan tersebut dan ada sesuatu yang menarik perhatiannya pada pojok atas lembar tagihan tersebut. Ia membaca tulisan yang berbunyi: “Telah dibayar lunas dengan segelas besar susu….” Tertanda, DR Howard Kelly. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar