Label

Ushul Fiqih Bagian Kedua



Mujmal dan Mubayyan

Mujmal adalah lafal yang mencakup kemungkinan segala keadaan dan hukum yang terkandung di dalam lafal tersebut. Ia bersifat global dan menyeluruh sehinga membingungkan dan tidak dapat diketahui secara jelas maksudnya tanpa danya mubayyan (penjelas). Dalam hal ini Abdul Wahab Khalaf mendefinisikan, “lafal yang pengertiannya tidak dapat dipahami dari lafal itu sendiri apabila tidak ada qarinah yang menjelaskannya.”

ا لــمــجــمــل هــو ا للــفــظ ا لــذ ي لا يــد لّ بــصــيــيــغـتــه عــلى ا لــمــر ا د

Mujmal adalah lafadz yang sighotnya tidak menunjukkan apa yang dimaksud (tidak jelas).

ا لــمــبــيــّـن هــو ا للــفــظ ا لــذ ي يــد لّ بــصــيــيــغـتــه عــلى ا لــمــر ا د

Mubayyan adalah lafadz yang sighotnya jelas menunjukkan apa yang dimaksud.

تــأ خــيــر ا لـبـــيــا ن عــن و قـــت ا لــحــا جـة لا يــجــو ز

Mengakhirkan penjelasan pada saat dibutuhkan tidak dibolehkan.

تــأ خــيــر ا لـبـــيــا ن عــن و قـــت ا لـــخــطــا ب يــجــو ز

Mengahkirkan penjelasan pada saat diperintahkan hukumnya boleh.


Muradif (Sinonim) dan Musytarak (Homonim)

ا لـلــفـظ ا لــمــتـعــد د لــمـعــنى و ا حــد ا

Murodif adalah dua kata atau lebih, satu arti

ا لـلـــفـظ ا لــذ ى يــد ل عــلى مـعــنـيـن ا و ا كــثـر

Musytarak adalah satu kata mempunyai dua arti atau lebih

أ يــقــا ع كل مــن ا لــمــر ا د فــيــن مــكا ن ا لا خــر يــجــو ز ا ذ ا لــم يــقـم عــلــيــه طــا لــع شــر عــيّ

Mendudukkan dua muradif pada tempat yang lain (mempertukarkannya) itu diperbolehkan jika tidak ada ketetapannya

أ ســتــعــمــا ل ا لــمــشــتــر ك فى مــعــنـيــه ا و مــعــا نــيــه يــجــو ز

Penggunaan Musytarak menurut makna yang dikehendaki ataupun untuk beberapa maknanya itu diperbolehkan


Zahir dan Muawwal / Takwil

Zahir adalah lafal yang menunjukkan arti secara langsung dari nas itu sendiri, tanpa memerlukan qarinah (penyerta) lain yang datang dari luar untuk memahami maksudnya. Oleh karenanya lafal zahir tidak memungkinkan adanya takhshis, takwil, dan nasakh. Takwil adalah memalingkan arti zahir kepada makna lain yang memingkinkan berdasarkan dalil/bukti.

ا لــفــر و ع يــد خــلــه ا لــتــأ و يــل ا تــفــا قــا

Masalah cabang dapat dimasuki takwil berdasarkan konsensus.

ا لأ صــو ل لا يــد خــلـه ا لــتــأ و يــل

Masalah ushuludin (aqidah) tidak dapat menerima takwil.


Nasakh dalam Nas

ر فــع ا لــشــا ر ع حــكــمــا شــر عــيّــا بــد لــيــل مــتــر ا خ

Nasakh adalah membatalkan pelaksanaan hukum dengan hukum yang datang kemudian

ا بــظــا ل ا لــعــمــل بــا لــحــكــم ا لــشــر عــىّ بــد لــيــل مــتــر ا خ عــنــه

Nasakh adalah membatalkan pengamalan sesuatu hukum syuara’ dengan dalil yang datang kemudian

ا لــقــطــعــى لا يــنــســخــه ا لــظــنّ

Dalil qath’i tidak dapat dihapus dengan dalil zanni

مـا لا ت ا لأ فــعــا ل مـقـصـو د ة و مـعـتـبـر ة

Ukuran sesuatu perbuatan tergantung kepada tujuan

مـا لا يــتـمّ ا لـو ا جـب ا لا بـه فـهـو و ا جــب

Sesuatu yang menjadikan kewajiban sempurna karenanya adalah wajib

د ر أ ا لـمـفــا ســد مــقـــد م عــلى جــلـب ا لــمــصــا لــح
Mencegah kerusakan lebih diutamakan dari mencari kebaikan

ا لــر خــص لا تــنــا ط بــا لـمــعــا صــى

Kemudahan tidak dikaitkan dengan maksiat

ا اــعــبــر ة فى ا لـعـقــو د بــا لـمـقــا صــد و ا لــمــعــا نـى لا بـا لا لــــفـــا ظ و ا لــمــبــنى

Perkara yang dianggap dalam akad-akad adalah berdasarkan kepada maksud dan niat, bukan dengan lafadz dan perkataan

مــا حــر م أ خــذ ه حــر م أ عــطــا ؤ ه

Sesuatu yang diharamkan mengambilnya, diharamkan memberinya

مــا حــر م أ ســـتــعــمــا لـه حــر م أ تــخــا ذ ه

Perkara yang haram menggunkannya, haram mengambilnya

مـن ا ســتــعــجـل شــيــئـا قــبــل أ و ا نــه عــو قــب بــحــر مــا نــه

Barang siapa yang bertindak cepat terhadap sesuatu sebelum waktunya, maka dibalas dengan sebaliknya

ا ذ ا ا جــتــمــع ا لــحــلا ل و ا لــحــر ا م غــلــب ا لــحــر ا م

Apabila berkumpul halal dengan haram, maka yang dimenangkan adalah yang haram

ا لــضــر ر يــز ا ل شــر عــا

Bahaya harus dilenyapkan menurut syara, contohnya memelihara diri dari merokok

ا لــضــر ر لا يــزا ل بــا لــضــرر

Bahaya itu tidak boleh dilenyapkan dengan bahaya, contohnya memakan manusia karena lapar

يــحــتـمــل ا لــضــرر ا لــخــا ص لــد فــع ا لــضــر ر ا لـــعــا م

Ditangguhkan bahaya khusus demi menolak bahaya umum, contohnya pembunuh keji yang berbahaya harus dibunuh demi mengamankan jiwa-jiwa yang lain

يــر تــكــب أ خــفّ ا لــضــرر يــن لا تّــــــقــا ء أ شــدّ هـــمــا

Yang lebih ringan dinatara dua bahaya bisa dilakukan demi menjaga yang lebih membahayakan.
Contohnya seorang suami boleh dipenjara (bui) apabila menangguhkan memberi nafkah istrinya. Seorang istri boleh ditalak karena bahaya, dan suami tidak memberi nafkah kepadanya. Meninggalkan syarat sholat lebih ringan dari pada meninggalkan shalat.

ر فـــع ا لــضــرر مــقــدّ م عــلى جــلــب ا لــمــنــا فــع

Menolak bahaya didahulukan dari pada menarik keuntungan. Contohnya seorang pemilik dilarang mengelola harta miliknya apabila membahayakan orang lain. Orang puasa, makruh berkumur dan menghisap air ke dalam hidung secara berlebihan

ا لــضــرو رت تــبــيــح ا لــمــحــظــو ر ا ت

Keterpaksaan dapat diperkenankan melakukan hal-hal yang dilarang. Contohnya orang yang sangat lapar terpaksa harus memakan bangkai, kalau tidak membahayakan orang lain. Orang yang enggan membayar hutang sementara dia mampu bisa diambil hartanya tanpa ijin dia.

ا لــضــرور ا ت تــقــدّ ر بــقــد ر هــا

Keterpaksaan itu diukur menurut tingkat keadaannya. Contoh orang yang dalam kedaan terpaksa tidak boleh memanfaatkan sesuatu yang haram kecuali sekedar dapat menahan lidah. Hukum rukhsoh menjadi gugur karena telah hilang sebabnya.

ا لــمــشــقــة تـــجــلــب ا لــتــيــســيــر

Kesulitan menuntut adanya kemudahan. Contoh semua rukhsoh (dispensasi) dari Allah untuk membuat seorang dan meringankan beban mukalaf dengan adanya sebab 7: 1. Bepergian 2. Sakit 3. Paksaan 4. Lupa 5. Tidak tahu 6. Umumul bala (ganguan umum) 7. Kekurangan

ا لـــحــر ج شــر عــا مــر فــو عــا

Kesempitan menurut syara’ bisa ditiadakan dan diterima. Contoh saksi wanita dalam hal tidak bisa dilakukan laki-laki cacat dan buta.

ا لــحــا جــة تــنــز ل مــنــز لــة ا لــضــر و را ت فــى ا بــا حــة ا لـــمــحــظــو ر ا تـــ

Kebutuhan itu bisa menduduki tingkatan keterpaksaan dalam kebolehan memeroleh sesuatu yang haram


Kaidah Istishab

مـا يـثـبـت بـا لـيــقــيـن لا يـزو ل بــا لـشــّــكّ

Apa yang ditetapkan oleh sesuatu yang meyakinkan, maka tidak dapat dihilangkan dengan sesuatu yang meragukan

ا لأ صــل بـــقـا ء مـا كا ن عـلى مـا كا ن حــتىّ يــثـبـت مـا يــغـيــره

Asal sesuatu adalah ketetapan yang telah ada menurut keadaan semula sehingga terdapat suatu ketetapan yang mengubahnya

ا لأ صــل فى الأ شـــيـاء ا لأ بــا حـة

Hukum asal segala sesuatu adalah boleh

ا لأ صــل فى الأ شـــيـاء ا لأ بــا حـة حــتى يــد ل ا لــد لــيـل عـلى تــحــر يــمــهــا

Hukum sesuatu pada asalnya adalah boleh sehingga ada dalil yang mengharamkannya

ا لأ صــل فى ا لأ نــســا ن ا لــبــرا ء ة

Asal pada manusia adalah bebas

بها الصلاح والفساد للعمل النية شرط لسائر العمل

An niyatu sartun lisairil 'amal biha sholaku wal fasadu lil'amal

(Niat itu adalah syarat bagi semua amalan dalam ibadah dengan niat akan diketahui baik & buruknya amalan)

في جلبِها والدرء للقبائح الدِّينُ مبني على المصالح

Ad dinu mabniyun 'ala masholihi fi jalbiha wa dar ii lilqobaiihi

(Agama ini bangun untuk kebaikan dan maslahat dalam penetapan syariatnya dan untuk menolak kerusakan)

يُقدَّم الأعلى من المصالحِ فإذا تزاحم عدد المصالحِ

(Jika dalam suatu masalah bertabrakan antara manfaat satu dengan yang lainnya maka di dahulukan & diambil manfaat yang paling besar/tinggi)

وضدُّه تزاحمُ المفاسدِ فارْتَكِب الأدنى من المفاس

Wadhidduhu Tazakumul Mafasiddi Fartakabu Adna Minal Mafasidi

Adapun lawannya jika bertabrakan antara mudharat satu dengan yang lainya maka diambil mudharat yang paling kecil dan ringan

ن قواعد الشريعة التيسير في كل أمر نابه تعسير م و

Wamin Qowai'idis Sari'atit Taisiru Fi Kulli Amrin Naabahu Ta'sir

Dan termasuk qaidah syari'ah adalah mudah dalam setiap perkara sebagai ganti dari kesulitan (kesusahan)

وليس واجب بلا اقتدار ولا مُحَرَّم مع اضطرار

Walaisa Wajibun Bilaa Iqtidarin Walaa Muharomun Ma'aadh Dhoror

Tidak menjadi kewajiban jika tidak mampu mengerjakan dan tidak ada keharaman dalam keadaan darurat (bahaya)

وكل محظور مع الضرورة بقدر ما تحتاجه الضرورة

Wa kullu mahthurin ma'ad dhorurohi bi qodri maa tahtaajuhu ad dhorurotu

Setiap hal yang dilarang itu dibolehkan jika dalam kondisi yang darurat, tetapi sesui dengan kadar yang dibolehkan saja untuk menghilangkan darurat itu

وترجع الأحكام لليقين فلا يزيل الشكُ لليقين

Wa turja'ul ahkamu lillyaqini falaa yuziilus sakku lillyaqini

(Dan dikembalikan hukum itu kepada yang diyakini dan keraguan tidaklah membatalkan keyakinan itu)

والأصل في مياهنا الطهارة والأرض والسماء والحجارة

Wal aslu fi miyahinaa at thohaarotu wal ardhu was sama'u wal hijaarotu

(Hukum asal air tanah, langit dan batu adalah suci)

الأصل في الأبضاع واللحوم والنفس والأموال التحريم

Al aslu fil abdho'i wal luhuumi wan nafsi wal amwaali at tahrim

Hukum asal dalam hal perkawinan (kemaluan), daging hewan dan jiwa/nyawa dan harta adalah haram

والأصل في عاداتنا الإباحة حتى يجيء صارف الإباحة

Wal aslu fi 'aadaatinal ibaahati hatta yajii’u sooriful ibahah

Dan hukum asal dalam kebiasaan ( adat istiadat ) adalah boleh saja sampai ada dalil yang memalingkan dari hukum asal

في العبادات التحريم الأصل

Al aslu fil ibaadati at tahrim

(Hukum asal ibadah adalah haram)

الوسائل تعطى أحكام المقاصد
Al wasailu tu'thii ahkamul maqosid

Semua sarana suatu perbuatan hukumnya sama dengan tujuannya (perbuatan tersebut)

الإقر ار حجة قاصرة

Al 'Iqrooru Hujjatun Qooshiroh

Pengakuan adalah Sebuah Hujjah yang Terbatas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar