Label

Israel dan Rezim Saud Saudi Arabia Bersatu Menghantam Iran dan Palestina


Oleh Ramtanu Maitra

“Yang kami inginkan bukanlah sebuah Negara besar ARABIA bersatu melainkan sebuah kawasan ARABIA yang berpecah belah kedalam kerajaan-kerajaan kecil dibawah kekuasaan kerajaan kami yang besar.” (1st Earl of Crewe, Menteri Sekretaris Negara Inggris Raya untuk daerah-daerah jajahan Inggris—1914)

“Yang mulia melihat dengan penuh suka cita setiap perkembangan di daerah Palestina yang akan dijadikan rumah kampung halaman bagi kaum Yahudi, dan ia akan menggunakan segenap daya upayanya untuk memudahkan pencapaian rencana ini. Kami paham bahwa kami tidak boleh melakukan apapun yang bisa membuat rakyat sipil dan kaum agamawan curiga karena adanya orang-orang non-Yahudi berkeliaran di Palestina. Kami juga berusaha agar orang-orang tidak curiga dengan diberikannya hak-hak istimewa dan status politik khusus yang hanya dinikmati oleh kaum Yahudi di negara-negara lain.” (Arthur James Balfour, Sekretaris Luar Negeri Inggris, dalam sebuah suratnya kepada Lord Rothschild, 1917)

Penjajah Inggris memandang perlu untuk membentuk sebuah panitia utama berisikan 7 negara Eropa. Sebuah laporan penting yang diserahkan pada tahun 1907 kepada Perdana Menteri Inggris Sir Henry Campbell-Bannerman menekankan bahwa negara-negara Arab dan orang-orang Arab-Muslim yang tinggal di daerah kekuasaan Ottoman (kekhalifahan Utsmaniyah) bisa memberikan ancaman serius kepada negara-negara Eropa –dan oleh karena itu diperlukan usaha-usaha sebagai berikut:

[1] Mereka harus dipecah-belah, dipisah-pisah, dan kemudian diberikan batasan-batasan satu sama lainnya di kawasan yang sama.

[2] Berikan kepada mereka identitas politis buatan yang diletakkan di bawah kekuasaan negara-negara imprealis.

[3] Memberangus segala bentuk persatuan atau organisasi, apapun namanya dan alasannya—baik itu organisasi intelektual, keagamaan, atau organisasi yang dibentuk atas alasan historis—dan selain itu harus dilakukan usaha-usaha untuk memecah belah para penduduk yang tinggal di kawasan itu.

[4] Untuk mencapai semua ini diperlukan sebuah “buffer state” atau negara penyangga yang didirikan di Palestina, dihuni oleh orang-orang asing yang memiliki kekuatan yang tidak bermurah hati atau tidak ramah kepada para tetangganya dan sebaliknya sangat ramah dan bersahabat kepada orang-orang yang datang dari negara-negara Eropa dan mendukung segala kepentingan mereka

(Dari sebuah Laporan untuk Campbell-Bannerman,1907)

Setelah itu lahirlah negara Israel di tanah Palestina yang keberadaannya itu tidak lepas dari peran Saudi Arabia. Saudi Arabia berperan besar atas lahirnya negara Israel, dan oleh karena itu maka Saudi (Rezim Klan Saud) dan Israel akan senantiasa tampak mesra.

Ketika Gaza dibombardir dan kocar-kacir, Saudi malah memenjarakan seorang ulama yang menyatakan perasaan simpatinya kepada rakyat Gaza. Ketika Iran berhasil mengembangkan nuklirnya untuk tujuan damai, Saudi (Rezim Klan Saud yang berkuasa berkat bantuan Lawrence of Arabia dan Ingris Raya) dan Israel ketakutan dan merasa bersalah. Padahal nuklir Iran bukan untuk perang melainkan untuk energi negaranya sendiri.

Sebagai warga dunia, Iran memiliki hak untuk mengembangkan nuklirnya. Saudi dan Israel sedang merencanakan perang besar dengan target utama IRAN. Dengan bantuan Amerika dan negara-negara sekutunya. Tampaknya usaha itu tinggal menunggu waktu. Sementara Gaza Palestina hanya dijadikan uji coba senjata, sebelum mereka benar-benar menyerang negara yang mereka semua takuti –yaitu IRAN.

Para Sahabat Nabi Saw Sebagai Makhluk Politik


Barangkali selama ini kita memiliki suatu pandangan bahwa seluruh sahabat Nabi Muhammad Al-Mustafa (tanpa kecuali) adalah contoh-contoh dan suri teladan yang patut kita teladani dan mereka itu pada masa hidupnya tak tersentuh oleh nafsu duniawi, mereka bersih dari dosa, mereka tidak serakah dan senantiasa berbuat baik. Barangkali selama ini juga kita memiliki pandangan bahwa semua sahabat itu saling mencintai satu sama lainnya, mereka bekerja sama untuk menuju cita-cita Islam, mereka jauh dari saling membenci dan saling iri hati satu sama lainnya.  Akan tetapi pandangan itu ternyata jauh panggang dari api.

Pandangan itu tidak sesuai dengan kenyataan sejarah. Memang, kita sebenarnya berharap bahwa hal itu benar, akan tetapi fakta-fakta dan bukti-bukti sejarah malah tidak mendukung sama sekali apa yang sudah diyakini sebagai kebenaran –yang ternyata politis ini. Fakta-fakta sejarah yang kejam merobek-robek pandangan-pandangan itu, sehingga orang-orang yang mengagumi para sahabat akan terhenyak di kursinya apabila kenyataan sejarah yang sebenarnya sampai pada mereka semua.

Mereka hampir-hampir semuanya tidak sanggup menerima kenyataan bahwa keutamaan-keutamaan para sahabat yang mereka kagumi hanyalah mitos belaka. Seorang pengagum yang paling fanatik pun tidak bisa menyangkal bahwa ada pergulatan kekuasaan diantara para sahabat yang memuncak bahkan sebelum Rasulullah dikebumikan sekalipun. Mereka tidak bisa menyangkal sedikitpun bahwa pergulatan politik seperti itu memang ada dan pernah terjadi.

Oleh karena itu, bukti-bukti sejarah yang melimpah yang tertulis dalam berbagai buku sejarah Islam yang standar itu bisa kita pakai untuk merekonstruksi sejarah, merekonstruksi pandangan kita terhadap para sahabat, merekonstruksi keyakinan kita akan Islam karena dari para sahabatlah kita mendapatkan Islam. Sedangkan para sahabat itu tidak semua bisa kita percayai sesuai dengan apa yang kita lihat dalam sejarah.  

Tidak masuk akal sehat kita apabila para sahabat itu sama semua dari segala aspeknya termasuk aspek keimanan dan ketakwaan. Bahkan para Nabi pun memiliki berbagai tingkatan ruhaniah, apalagi para sahabat yang hanya manusia biasa. Tidak ada dua orang yang memiliki semua tingkat keimanan dan ketakwaan yang serupa.

Ketika mereka menerima Islam sebagai agama mereka, para sahabat Nabi itu adalah manusia biasa dan mereka memiliki preferensi yang berbeda-beda terhadap Islam. Masyarakat Islam yang ada pada waktu itu sama saja dengan yang ada pada hari ini. Masyarakat Islam pada waktu itu terdiri dari berbagai umat manusia dengan setiap karakter yang berbeda-beda.

Setelah memeluk Islam, beberapa dari mereka sanggup mencapai derajat keIslaman yang tinggi bahkan mencapai ke-ma’shuman seperti contohnya Imam Ali as, sedangkan yang lainnya tetap sama—keadaan sebelum dan sesudah masuk Islam sama saja. Satu contoh kecil boleh disebutkan, yaitu ketika Khalid bin Walid tetap tidak menyukai Imam Ali bin Abi Thalib karramallahu wajhah setelah memeluk Islam, karena ayahnya gugur di tangan Imam Ali dalam Perang Badar, ketika 313 pasukan Muslim membela diri dari 1000 pasukan Qurays yang menyerang mereka.