TANDA I’RAB ASMAUS SITTAH
وَارْفَعْ بِــوَاوٍ
وَانْصِبَنَّ بِالأَلِفْ ¤ وَاجْرُرْ بِيَاءٍ مَا مِنَ الأَسْمَا أَصِفْ
Rofa’kanlah dengan Wau, Nashabkanlah
dengan Alif, dan Jarrkanlah dengan Ya’, untuk Isim-Isim yang akan aku sifati
sebagai berikut (Asmaus Sittah):
مِنْ ذَاكَ ذُو إِنْ صُحْبَةً
أَبَانَا ¤ وَالْفَــــــمُ حَيْثُ الْمِيْمُ مِنْهُ بَانَا
Diantara Isim-Isim itu (Asmaus
Sittah) adalah Dzu jika difahami bermakna Shahib (yg memiliki), dan Famu
sekiranya Huruf mim dihilangkan darinya.
أَبٌ آخٌ حَـــمٌ كَـــذَاكَ
وَهَـــنُ ¤ وَالْنَّقْصُ فِي هذَا الأَخِيْرِ أَحْسَنُ
Juga Abun, Akhun, Hamun, demikian
juga Hanu. Tapi dii’rab Naqsh untuk yang terakhir ini (Hanu) adalah lebih baik.
وَفِي أَبٍ وَتَـالِيَيْهِ
يَنْـــدُرُ ¤ وَقَصْرُهَا مِنْ نَقْصِهِنَّ أَشْهَرُ
Dan untuk Abun berikut yang
mengiringinya (Akhun dan Hamun) jarang diri’rab Naqsh, sedangkan dii’rab Qoshr
malah lebih masyhur daripada I’rab Naqshnya.
وَشَرْطُ ذَا الإعْرَابِ أَنْ
يُضَفْنَ لاَ ¤ لِلْيَــا كَــجَا أَخْــو أَبِيْـــكَ ذَا اعْـــتِلاَ
Syarat I’rab ini (Rafa’ dg wau, Nasha
dg Alif, dan Jarr dg Ya’ pada Asmaus Sittah) harus Mudhaf kepada selain Ya’
Mutakallim. Seperti: Jaa Akhu Abiika Dza-’tilaa.
TANDA I’RAB ISIM TATSNIYAH DAN MULHAQNYA
بِالأَلِفِ ارْفَع
الْمُثَنَّى وَكِلاَ ¤ إذَا بِمُـــضْمَرٍ مُضَــافَاً وُصِلاَ
Rafa’kanlah! dengan Alif terhadap
Isim Mutsanna, juga lafadz Kilaa apabila tersambung langsung dengan Dhomir,
dengan menjadi Mudhof.
كِلْتَا كَذَاكَ اثْنَانِ
وَاثْنَتَانِ ¤ كَابْنَــيْنِ وَابْنَتَيْــنِ يَجْــرِيَانِ
Juga (Rofa’ dg Alif) lafadz Kiltaa,
begitupun juga lafadz Itsnaani dan Itsnataani sama (I’rabnya) dengan lafadz
Ibnaini dan Ibnataini keduanya contoh yang dijarrkan.
وَتَخْلُفُ الْيَا فِي
جَمِيْعِهَا الأَلِفْ ¤ جَــــرًّا وَنَصْـــبَاً بَعْدَ فَتْـــحٍ قَدْ أُلِفْ
Ya’ menggantikan Alif (tanda Rofa’)
pada semua lafadz tsb (Mutsanna dan Mulhaq-mulhaqnya) ketika Jarr dan
Nashabnya, terletak setelah harkat Fathah yang tetap dipertahankan.
TANDA I’RAB JAMAK MUDZAKKAR SALIM DAN MULHAQNYA
وَارْفَعْ بِوَاوٍ وَبِيَا
اجْرُرْ وَانْصِبِ ¤ سَــــــــالِمَ جَمْعِ عَــــــــامِرٍ وَمُذْنِبِ
Rofa’kanlah dengan Wau!, Jarrkan dan
Nashabkanlah dengan Ya’! terhadap Jamak Mudzakkar Salim dari lafadz “‘Aamir”
dan “Mudznib”
وَشِبْهِ ذَيْنِ وَبِهِ
عِشْرُوْنَا ¤ وَبَابُـــهُ أُلْحِــقَ وَالأَهْــــلُوْنَا
….dan yang serupa dengan keduanya ini
(“Aamir” dan “Mudznib”, pada bait sebelumnya). Dan lafadz “‘Isyruuna dan
babnya”, dimulhaqkan kepadanya (I’rab Jamak Mudzakkar Salim). Juga lafadz
“Ahluuna”
أوْلُو وَعَالَمُوْنَ
عِلِّيّونَا ¤ وَأَرْضُـــوْنَ شَذَّ وَالْسِّـنُوْنَا
Juga lafadz “Uluu, ‘Aalamuuna,
‘Illiyyuuna dan lafazh Aradhuuna adalah contoh yang syadz (paling jauh dari
definisi Jamak Mudzakkar Salim). Juga Lafadz “sinuuna….
وَبَابُهُ وَمِثْلَ حِيْنٍ
قَـدْ يَرِدْ ¤ ذَا الْبَابُ وَهْوَ عِنْدَ قَوْمٍ يَطَّرِدْ
…dan babnya”. Terkadang Bab ini (bab
sinuuna) ditemukan dii’rab semisal lafadz “Hiina” (dii’rab harkat, dengan
tetapnya ya’ dan nun) demikian ini ditemukan pada suatu kaum (dari Ahli Nawu
atau orang Arab)
وَنُوْنَ مَجْمُوْعٍ وَمَا
بِهِ الْتَحَقْ ¤ فَافْــتَحْ وَقَــلَّ مَنْ بِكَــسْرِهِ نَطَــقْ
Fathahkanlah! harakah “Nun”nya
Kalimat yang dijamak Mudzakkar Salim dan Mulhaqnya. Ada segelintir orang
bercakap-cakap dengan mengkasrahkannya.
وَنُوْنُ مَا ثُنِّيَ
وَالْمُلْحَقِ بِهْ ¤ بِعَـــكْسِ ذَاكَ اسْتَعْمَلُوْهُ فَانْتَبِهْ
Adapun “Nun”nya Kalimat yang
ditatsniyahkan dan Mulhaqnya, adalah terbalik (Harakah Nun dikasrahkan).
Semuanya mengamalkan demikian, maka perhatikanlah!
TANDA I’RAB JAMAK MU’ANNATS SALIM DAN MULHAQNYA
وَمَا بِتَـــا وَأَلِــفٍ
قَــدْ جُمِــعَا ¤ يُكْسَرُ فِي الْجَرِّ وَفِي النَّصْبِ مَعَا
Setiap Kalimah yang dijamak dengan
tambahan Alif dan Ta’ (Jamak Muannats Salim) tanda Jarr dan Nashabnya sama
dikasrohkan.
كَذَا أُوْلاَتُ وَالَّذِي
اسْمَاً قَدْ جُعِلْ ¤ كَــــأَذْرِعَــاتٍ فِــيْهِ ذَا أَيْــضَاً قُــبِلْ
Begitu juga (Dii’rab seperti Jamak
Muannats Salim) yaitu lafadz “Ulaatu”. Dan Kalimah yang sungguh dijadikan
sebuah nama seperti lafadz “Adri’aatin” (nama tempat di Syam) yang demikian ini
juga diberlakukan I’rab seperti Jamak Mu’annats Salim.
TANDA I’RAB ISIM YANG TIDAK MUNSHORIF
وَجُرَّ بِالْفَتْحَةِ مَا
لاَ يَنْصَرِفْ ¤ مَا لَمْ يُضَفْ أَوْ يَكُ بَعْدَ أَلْ رَدِفْ
Setiap Isim yang tidak Munshorif
dijarrkan dengan Harakah Fathah, selama tidak Mudhof atau tidak jatuh sesudah
AL.
TANDA I’RAB AF’ALUL KHOMSAH
وَاجْعَلْ لِنَحْوِ
يَفْعَلاَنِ الْنُّوْنَا ¤ رَفْـــعَاً وَتَدْعِــيْنَ وَتَسْـــــأَلُونَا
Jadikanlah! Nun sebagai tanda Rofa’
untuk contoh Kalimah-kalimah yang seperti lafadz يفعلان
(Fi’il Mudhori’ yg disambung dg Alif Tatsniyah) dan lafadz تدعين
(Fi’il Mudhori’ yg disambung dg Ya’ Mu’annats Mukhatabah) dan lafadz تسألون (Fi’il Mudhori’ yg disambung dg Wau Jamak).
وَحَذْفُهَا لِلْجَزْمِ
وَالْنَّصْبِ سِمَهْ ¤ كَــلَمْ تَكُــــوْنِي لِتَرُوْمِي مَـــظْلَمَهْ
Sedangkan tanda Jazm dan Nashabnya,
yaitu dengan membuang Nun. seperti contoh َلمْ تَكُــــوْنِي
لِتَرُوْمِي مَـــظْلَمَهْ
TANDA I’RAB ISIM MU’TAL (ISIM MAQSHUR DAN ISIM MANQUSH)
وَسَمِّ مُعْتَلاًّ مِنَ
الأَسْمَاءِ مَا ¤ كَالْمُصْطَفَى وَالْمُرْتَقَي مَكَارِمَا
Namailah! Isim Mu’tal, terhadap
Isim-Isim yang seperti lafadz الْمُصْطَفَى (Isim yang
berakhiran huruf Alif) dan seperti lafadz الْمُرْتَقَي
مَكَارِمَا (Isim yang berakhiran huruf Ya’).
فَالأَوَّلُ الإِعْرَابُ
فِيْهِ قُدِّرَا ¤ جَمِيْـعُهُ وَهْوَ الَّذِي قَدْ قُصِرَا
Contoh lafadz yang pertama (الْمُصْطَفَى) Semua tanda I’rabnya dikira-kira, itulah yang
disebut Isim Maqshur.
وَالْثَّانِ مَنْقُوصٌ
وَنَصْبُهُ ظَهَرْ ¤ وَرَفْـعُهُ يُنْــوَى كَذَا أيْضَــــاً يُجَرْ
Contoh lafadz yang kedua (الْمُرْتَقَي) dinamakan Isim Manqush, tanda Nashabnya Zhohir.
Tanda Rofa’ dan juga Jarrnya sama dikira-kira.
TANDA I’RAB FI’IL MU’TAL
وَأَيُّ فِعْــلٍ آخِرٌ
مِنْهُ أَلِفْ ¤ أوْ وَاوٌ أوْ يَاءٌ فَمُعْتَلاًّ عُرِفْ
Setiap Kalimah Fi’il yang akhirnya
huruf illat Alif , Wau atau Ya’, maka dinamakan Fi’il Mu’tal.
فَالأَلِفَ انْوِ فِيْهِ
غَيْرَ الْجَزْمِ ¤ وَأَبْـــدِ نَصْبَ مَا كَيَدْعُو يَرْمِي
Kira-kirakanlah! I’rab untuk Kalimah
Fi’il yang berakhiran Alif pada selain Jazmnya. Dan Zhohirkanlah! tanda nashab
untuk Kalimah Fi’il yang seperti يَدْعُو (Berakhiran
huruf Wau) dan يَرْمِي (Berakhiran huruf Ya’)…
والرَّفعَ فيهما انْوِ
واحذِفْ جازِمَا ¤ ثــلاثَـــهُنَّ تَقــــضِ حُكمَــا لازِمَــــا
dan kira-kirakanlah! tanda Rofa’
untuk kedua lafadz (يَدْعُو dan يَرْمِي
). Buanglah (huruf-huruf illat itu) jika engkau sebagai orang yang menjazmkan
ketiga Kalimah Fi’il Mu’tal tsb, maka berarti engkau memutuskan dengan Hukum
yang benar. (*)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar